Wednesday, May 2, 2012

Radang Tenggorokan dan obat-obatnya



Radang Tenggorokan Dan Obat-obatnya



Berhubung ane suka radang tenggorokan maka ane share mengenai radang tenggorokan dan obatnya.


Rasa nyeri dan gatal pada tenggorokan sangat sering kita alami baik anak - anak maupun dewasa, Mengapa? selain karena tingkat polusi yang tinggi, gaya hidup aktif dan sering merokok, sering konsumsi minuman dan makanan yang kurang sehat serta berminyak, juga disebabkan karena penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) seperti "radang tenggorokan".
Sebagian besar rasa nyeri dan gatal pada tenggorokan disebabkan oleh radang tenggorokan. Untuk itu mari kita mengenal lebih jauh mengenai radang tenggorokan dan cara mengatasi rasa nyeri dan gatal pada tenggorokan yang ditimbulkannya.
Gejala radang tengorokan yang biasanya dirasakan:
1. Sakit dan gatal pada tenggorokan
2. Demam, sakit kepala
3. Sakit pada otot dan sendi.
4. Tenggorokannya berwarna merah dan meradang
Apa penyebab radang tenggorokan?
Virus, 80 % sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam
Batuk dan pilek. Dimana batuk dan lendir (ingus) dapat membuat tenggorokan teriritasi.
Virus coxsackie (hand, foot, and mouth disease ).
Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap).
Bakteri streptokokus, dipastikan dengan Kultur tenggorok. Tes ini umumnya dilakukan di laboratorium menggunakan hasil usap tenggorok pasien. Dapat ditemukan gejala klasik dari kuman streptokokus seperti nyeri hebat saat menelan, terlihat bintik-bintik putih, muntah - muntah, bernanah pada kelenjar amandelnya, disertai pembesaran kelenjar amandel.
Obatnya apa saja?


Degirol (Darya-Varia Laboratoria)


Tiap tablet hisap mengandung Dequalinium chloride 0,25 mg (1,1'-Decamethylenebis-(4-aminoquinaldinum chloride). Bahan aktif ini merupakan suatu bahan anti-bakteri dan antijamur yang efektif untuk membunuh berbagai bakteri gram positif dan negatif, Borelia vincenti, Candida albicans dan bakteri yang resisten terhadap antibiotika. Tablet hisap DEGIROL untuk sakit tenggorokan serta mencegah infeksi pada selaput lendir mulut. Dengan rasa jeruk sitrun dapat diberikan baik kepada anak-anak maupun dewasa.
Indikasi: sakit tenggorokan; peradangan pada rongga mulut dan tenggorokan seperti gingivitis, periodontis, pharyngitis, laringytis dan angina; infeksi selaput lendir mulut seperti stomatitis.
Obat ini dikontraindikasikan bagi penderita yang hipersenstif terhadap dequalinium klorida. Juga, hindari pemakaian jangka panjang dan berulang-ulang.
Aturan pakai: satu tablet dibiarkan melarut perlahan-lahan di dalam mulut. Ulangi setiap 3-4 jam, atau sesuai dengan petunjuk dokter. Dang ingat, jangan melebihi 8 tablet sehari.
SP Troches (Meiji Indonesia)


Sama-sama berisi dequalinium klorida 0,25 mg (antiseptik mulut dan tenggorokan). Bedanya dengan Degirol ada di varian rasa. Kalau Degirol rasanya cuma jeruk sitrun dengan kemasan warna kuning, SP Troches ada rasa melon, strawberry, dan kopi. Pemakaian sama dengan Degirol, di emut di dalam mulut sampai habis. Lalu harganya gimana? Kalo degirol dikemas dalam strip 4 biji harganya Rp 2400 jadi per tablet kenanya Rp 600. Sedangkan SP Troches Rp 9000/strip 12 biji. Jadi per biji kenanya Rp 750. Yah, beda-beda tipislah. Sekarang mungkin pilihannya ada pada rasa dan kemasan per blisternya aja.


FG Troches (Meiji Indonesia)


Isinya antibiotik yaitu Fradiomisin dan Gramisidin. Wah antibiotik, bisa lebih ketat donk pemakaiannya? Ya emang, tapi lebih manjur. Lagian kedua antibiotik buat bakteri-bakteri lokal kok, jadi gak bahaya-bahaya amat. Mekanisme kerjanya lokal, bukan sistemik. Jadi dibiarkan kontak yang sering antara obat denga "tempat infeksi dimana bakteri bersarang". Jadi di emut, jangan ditelan.

DOSIS DAN CARA PEMBERIAN

Dosis FG Troches pada umumnya adalah :

  • Dosis dewasa : 1 – 2 tablet hisap, 4 – 5 kali sehari.
  • Dosis anak : 1 tablet hisap, 4 – 5 kali sehari.

Tablet dihisap di dalam mulut sampai habis (seperti makan permen).




Strepsils (Reckitt Benckisser Healthcare Mfg., Thailand)


Berbeda dengan yang lain yang merupakan kategori obat, yang satu ini merupakan permen/kembang gula. Strepsils mengandung zat yang dapat membantu melegakan mulut dan tenggorokan. Dapat digunakan oleh anak-anak maupun dewasa. Satu butir Strepsils dibiarkan melarut perlahan-lahan dalam mulut. Namun, perlu diperhatikan juga pada anak-anak bisa menyebabkan tersedak lho.
Komposisi Strepsils yaitu 2,4-diklorobenzyl alkohol (dibenzal) 1,2 mg, amylmetakresol 0,6 mg, minyak pepermint, minyak terpeneless lemon, asam tartrat, sukrosa, glukosa cair, madu. Kok bisa berwarna kuning mas? Iya soalnya mengandung pewarna Quinolin (Cl 47005) dan air. Tenang, ini pewarna yang aman kok.
Entry Filed under: Product manager. Tags: degirol, FG Troches, meiji indonesia, sakit tenggorokan, SP Troches, strepsils.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

10 Comments:

penmuda said...

nice information. thanks..

Nana Cutelight said...

Aku dapat rekomen beli fg troches
wah kayaknya sepele tapi sakitnya minta ampun...hiks hiks

Nana Cutelight said...

Aku dapat rekomen beli fg troches
wah kayaknya sepele tapi sakitnya minta ampun...hiks hiks

sarwo nuno said...

thanks infonya

Anonymous said...

Opas blog ini

Anonymous said...

Aku recomend 1 lagi, namanya lemocin, manjur bgt buat radang yg sakiittnya nyiksa bgt

Anonymous said...

semuanya hanya obat emut mas, ngak ada jenis antiviralnya or antibiotiknya?

wen zhen said...

Sebaiknya hindari minum antibiotik krn dapat membunuh bakteri alami di rongga mulut menyebabkan seringnya mengalami radang tenggorokan. Pakailah lemocin + mefinal dr turunan asam mefenamat untuk menyembuhkan rasang tenggorokan. Semuanya dpt didapatkan di apotik.

sendiri smg said...

Lameson biasana.....

maria watanabe said...

Sakit

Post a Comment

 

SibukGak Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha